5 Khasiat Tanaman Ceguk Bagi Kesehatan Badan

Ceguk

Mendengar kata ceguk, mungkin Anda akan berpikir bahwa ini merupakan nama gejala kontraksi diapragma secara tiba-tiba yang menimbulkan bunyi “hik”. Memanglah tidak salah namun, ceguk yang akan dibahas kali ini ialah sebuah tanaman herbal. Ceguk merupakan tanaman herbal berkhasiat untuk mengatasi beberapa jenis gejala penyakit.

Ceguk memiliki nama ilmiah Combretum indicum yang termasuk ke dalam golongan genus combretum. Tanaman ini bukan berasal Nusantara melainkan berasal dari Negara Myanmar. Tanaman perdu ini termasuk ke dalam jenis tanaman berakar merambat yang memiliki ketinggian mencapai 2-8 meter. Tanaman ceguk ini bisa hidup hingga ketinggian 600 mdpl. Tanaman ini biasa tumbuh liar  di ladang, hutan, dan ada pula yang menanamnya untu dijadikan sebagai bunga hias.

Baca Juga : Khasiat Tumbuhan Benalu Untuk Mengobati Penyakit

Tanaman ceguk ini memiliki bunga yang beraroma wangi, memiliki tandang yang panjang dan berimbun serta pada setiap tandannya memiliki kelopak bunga yang berwarna merah berjumlah 5 kelopak. Intensitas tahapan warna bunga akan berbeda dari mulai puti, merah sampai keunguan. Nama lokal dari tanaman ceguk ialah kacekluk, kaceklik, cekluk, wedani, rabet dani, dani, udani, wudani, bidani, tikao, sarandengan, rhabet besi serta kunyi rhabet.

Kandungan dan Cara Pengolahan Tanaman Ceguk

Tanaman ceguk ini memiliki kandungan senyawa kimia didalamnya seperti buahnya mengandung potassium quisqualata, trigonelline, puridine serta lemak jenuh. Ranting dan daunnya sendiri memiliki kandungan protein, saponin, peroksidase, lemak, sulfur, tanin, kalsium oksalat.

Kulit buahnya mengandung potassium quisqualata, serta bunga ceguk memiliki kandungan cyanidine monolycoside. Daun tanaman ceguk memiliki sifat yang manis dan memiliki efek yang hangat. Serta efek farmakologisnya ialah daun ceguk termasuk sebagai anti ascariasis.

  1. Sakit kepala, bisa dengan memanfaatkan daun ceguk yang telah di tumbuk kemudian dijadikan sebagai kompres dikepala.
  2. Sakit telinga, bisa dengan memanfaatkan air perasan daun untuk kemudian dijadikan sebagai obat tetes telinga yang sakit
  3. Membasmi cacing tambang di tubuh, dengan menyeduh bubuk biji ceguk ke dalam 400 ml air dan menambahkan 1 sdm madu. Lalu minumlah pada pagi dan malam hari.
  4. Membasmi cacing kremi, dengan cara menyangrai biji ceguk hingga sedikit gosong, lalu kunyahlah bagian tersebut sebelum makan 3x sehari/2minggu. Untuk anak 5 biji/hari dan untuk dewasa 20 biji/hari.
  5. Membasmi cacing gelas (ascariasis), dengan memanfaatkan 4 biji ceguk yang telah ditumbuk lalu seduh dengan air hangat. Selanjutnya siapkan akar ceguk sebanyak 2 jari lalu rebus ke dalam air 500 ml, biarkan hingga menjadi 1 gelas saja dan minumlah secara rutin dipagi hari.

Itulah pemaparan dari tanaman ceguk dan juga kandungan manfaatnya yang beragam. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

1 comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *