Kandungan Dan Khasiat Gude Untuk Kesehatan

Kandungan Dan Khasiat Gude Untuk Kesehatan

Kandungan Dan Khasiat Gude Untuk Kesehatan

Gude merupakan sejenis tanaman yang menghasilkan biji kacang-kacangan. Tanaman ini bersifat menahun (parential) yang dapat dikonsumsi untuk dijadikan sebagai sumber protein dan karbohidrat alternatif. Tanaman ini mampu bertahan dalam kondisi iklim yang panas. Jadi tanaman gude ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman penghijauan di kawasan yang kering. Gude sendiri merupakan tanaman yang berasal dari Afrika, namun ada juga yang menyebutkan bahwa gude ini berasal dari Negara India.

Adapun nama ilmiah dari tanaman gude ini adalah Cajanus Cajan yang termasuk ke dalam salah satu familia Fabaceae. Di Indonesia sendiri tanaman ini memiliki penyebutan yang beragam, seperti : kacang hiris (Sunda), binatung (Makassar), kacang gude, kacang kayu, gude (Jawa), kacang bali (Melayu), kance (Bugis), undis, kekace (Bali), puwe jai, legui, lebui, kacang turis, kacang iris (Halmahera), koloure (Tomia, Wakatobi), tulis (Rote), fouhate (Ternate & Tidore), ritik lias (Batak Karo) serta tunis (Timor).

Baca Juga : Cara Pengolahan Tanaman Jarak Untuk Kesehatan

Gude adalah tanaman perdu yang tingginya bisa mencapai 3 meter. Tumbuhan kacang tahunan ini bisa memiliki usia yang cukup panjang mencapai 1-5 tahun. Gude juga memiliki batang yang bulat, berbulu halus, memiliki alur serta berwarna hijau kecoklatan. Daunnya sendiri memiliki anak yang berjumlah tiga (daun ganda). Daunnya juga memiliki rambut-rambut halus yang terletas pada bagian atas dan bawah daun. Helaiannya berbentuk bulat telur (langset) dengan tulang yang menyirip dengan tangkai yang pendek berwarna hijau.

Bunganya mejemuk membentuk kupu-kupu berwarna ungu dan jingga kecoklatan. Buahnya membentuk polongan dengan panjang mencapai 7.5 cm. Tanaman ini bisa dipanen tanpa mengenal musim karena sejak usia 8 bulan setelah penanaman, gude ini akan mulai berbuah.

Kandungan senyawa kimia yang terkandung di dalam tanaman ini ialah :

  • Dalam daun gude terkandung senyawa polifenol, saponin dan flavonoida.
  • Sedangkan di dalam batangnya mengandung tanin, saponin dan flavonoida.
  • Adapun energi yang terkandung di dalam polongan biji gude tersebut berkisar 1450 KJ/100 gr. Biji segarnya juga mengandung banyak provitamin A, serta vitamin b kompleks.

Dalam ilmu pengobatan herbal, gude memiliki khasiat yang sangat berguna, contohnya rebusan dari daun gude ini sangat berkhasiat untuk membantu mengatasi:

  • Gangguan pernafasan, sakit kuning, gangguan pada mulut dan perut, herpes juga menurunkan demam.

Adapun bagian dari akar dan bijinya yang tak kalah berguna yaitu akar yang sering digunakan untuk membantu mengobati :

  • Mempercepat penyembuhan luka, cacingan, dan batuk berdahak.

Selain itu, ada juga manfaat dari bijinya sendiri ialah untuk dipergunakan sebagai

  • Obat dari luka memar
  • Meningkatkan sistem pencernaan
  • Membantu merawat kesehatan gigi
  • Mengobati infeksi mata
  • Sakit telinga dan
  • Yang paling terpenting bijinya sendiri, memiliki kandungan anti kanker yang jelas dapat menghalau pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

Itulah beberapa info yang dapat disampaikan tentang tanaman gude dan juga khasiat yang terkandung di dalam tanaman tersebut.

Semoga bermanfaat dan terimakasih

Sumber : http://www.sumberpenyakit.com

1 comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *