MANFAAT AKAR WANGI UNTUK MENJAGA KESEHATAN

AKAR WANGI

MANFAAT AKAR WANGI-,  Bernama latin Chrysopogon zizanioides atau lebih dikenal dengan nama akar wangi. Merupakan tanaman sejenis rumput yang berasal dari tanah India, Birma dan Srilangka. Akar wangi merupakan tanaman penghasil minyak asitri yang dilakukan dengan cara penyulingan. Akar wangi juga merupakan salah satu komoditi ekspor negara yang memiliki nilai pasar yang berkualitas dengan harga yang cukup fantastis. Akar wangi sendiri telah sejak lama digunakan oleh manusia untuk dijadikan wewangian.

Tanaman ini masih satu keluarga dengan tanaman padi dan serai(termasuk ke dalam family poaceae). Bagian akar pada tanamamn ini apabila dikeringkan dapat digunakan untuk pewangi pakaian di lemari, pewangi batik serta pewangi barang-barang antik dan yang lainnya. Efek wangi tersebut dihasilkan dari kandungan minyak asitri pada bagian akar tersebut.

Baca Juga : Khasiat Anggur Untuk Maag

Didaerah Jawa sendiri tanaman ini dibudidayakan di Garut dan Wonosobo (Jawa Tengah). Namun karena penanam diwilayah Jawa tidak begitu mendapat repon baik dari petani, jadi pemasok terbesar rumput akar wangi adalam daerah Garut. Tanaman ini biasa ditanam pada wilayah yang cukup luas yaitu sekitar 1 hektar bahkan ada yang sampai mencapai 20 hektar untuk setiap petani.

Dan ada pula yang menanamnya sebagai selahan dari tanaman perkebunan mereka. Kondisi tanah yang lembab dan padat memang biasanya akan sangat baik untuk ditanami tumbuhan lain, namun tidak untuk akar wangi. Karena apabila akar wangi di tanam seperti itu, maka saat proses pemanenan akar dari tanaman tersebut akan susah dicabut. Dan memungkinkan sebagian akar wangi tersebut akan tertinggal di dalam tanah.

PENANAMAN

Tanaman akar wangi ini cocok ditanaman pada tanah yang sedikit berpasir. Karena untuk memudahkan petani dalam memanen akar tersebut tanpa harus meninggalkan satu bagian akarpun di dalam tanah. Tanah berpasir akan mudah dijumpai pada ketinggian sekita 5000 Mdpl diatas permukaan laut, yaitu pada sekitar daerah lereng pegunungan. Tanaman ini tidak boleh di tanam di tempat yang teduh karena akan merusak dan menurunkan produksi akar wangi.

Rumput akar wangi ini termasuk kedalam rumput menahun yang memiliki ukuran besar, padat dan juga tumbuh dengan berdiri tegak. Pemanenan akar wangi sendiri dilakukan pada musin penghujan karena agar dapat kembali menyuburkan tanah sebelum tanah itu akan ditanami akar wangi tersebut kembali. Akar wangi sendiri harus dijemur hingga benar benar kering, sebelum pada akhirnya akan di lakukan penyulingan untuk menghasilkan minyak asitri yang berkualitas. pemanfaatan akar wangi sendiri biasanya digunakan untuk dijadikan sebagai sabun, parfum, penghilang bau tidak sedap serta baik sekali digunakan untuk membasmi serangga yang ada dirumah.

Semoga penjelasan dari akar wangi ini mampu membatu rekan sekalian dalam mengumpulkan referensi tugasnya. Semoga bermanfaat.

Sumber : http://www.sumberpenyakit.com

1 comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *