Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan,- Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan memang sudah banyak dirasakan. Dan belimbing wuluh ini memang dikenal dengan rasanya yang asam tetapi sangat menyegarkan bagi tubuh. Oleh sebab itu, belimbing wuluh sangat banyak dimanfaatkan untuk bahan makanan misalnya rujak.

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Belimbing wuluh ini memang bukan merupakan  salah satu belimbing jenis buah-buahan yang masih muda, tapi melainkan buah belimbing wuluh ini termasuk pada jenis varietas yang berbeda dengan buah belimbing yang lainnya. Maka dari itu, belimbing wuluh tidak besar yang mirip dengan buah belimbing, belimbing ini besarnya hanya sekitar ibu jari orang dewasa. Rasanya yang asam dan juga tidak sama dengan rasa belimbing buah.

Kandungan Belimbing wuluh

Manfaat dan khasiat dari belimbing wuluh ini memang sudah sejak lama digunakan oleh sebagian orang untuk dijadikan salah satu bahan masakan dan kuliner untuk perasa asam secara alami. Rasa asamnya terasa nikmat apabila dijadikan rujak ataupun asinan. Dan tidak sangka, bahwa di dalam belimbing wuluh ini juga mempunyai khasiat yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Belimbing wuluh ini sangat bermanfaat sekali sebagai buah-buahan yang bisa menghasilkan vitamin C dan juga dapat dijadikan sebagai obat tradisional yang sangat mirip dengan kencur atau temu lawak.

Manfaat dari belimbing wuluh bagi kesehatan adalah untuk mengobati penyakit seperti batuk, sakit gigi, dan juga tanda-tanda dari penyakit diabetes. Hal ini bisa saja terjadi karena di dalam komposisi unsur yang alami di dalam belimbing wuluh banyak terdapat pada bagian buahnya yang diantaranya adalah glukosid, saponin, sulfur, peroksida, asam format, tanin, kalsium oksalat, dan juga kalium sitrat.

Belimbing wuluh ini merupakan salah satu tanaman yang mempunyai guna komplek bagi kesehatan di setiap bagian tanamannya. Dan hal ini terjadi karena pada bagian yang lainnya seperti di bagian daun, batang, buah, dan bunganya akan mampu dijadikan sebagai bahan ramuan obat untuk mengobati sejumlah penyakit.

Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan

1.Efek mengobati sakit gigi

Belimbing wuluh mempunyai efek yang bisa meredakan sakit gigi. Jadi, anda tidak perlu lagi membeli obat yang dijual bebas di toko. Anda hanya perlu mengobatinya secara alami yaitu dengan belimbing wuluh. Cukup dengan menumbuk belimbing wuluh dan meletakannya di bagian gigi yang berlubang.

2.Mengatasi sariawan

Memang terdengar sangat ekstrem apabila hal ini dilakukan. Karena, belimbing wuluh ini mempunyai rasa asam yang melekat. Jadi akan sedikit menyiksa bagi yang menderita sariawan. Tetapi jangan khawatir, banyak orang yang percaya kalau belimbing wuluh ini sangat efektif untuk menghilangkan sariawan dengan cepat.

3.Mengobati batuk

Apabila anda sedang mengalami gejala batuk, baik itu batuk berdahak atau tidak, anda dapat mengobatinya dengan memanfaatkan belimbing wuluh. Pertama siapkan 3 butir belimbing wuluh, beberapa butir adas, dan gula yang secukupnya ditambah dengan air satu cangkir. Kemudian rebus sampai mendiidh, lalu saring airnya dan minumlah di pagi dan malam hari pada saat perut masih kosong.

4.Mengobati panas dalam

Belimbing wuluh juga dapat membantu meredakan panas dalam pada tubuh anda. Baik itu sariawan ataupun bibir pecah-pecah. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam belimbing wuluh sangat membantu sekali untuk mengobati panas dalam.

5.Mengobati pegal linu

Pegal linu memang sangat merepotkan. Mau beraktivitas terasa tidak nyaman. Tetapi anda dapat mengatasinya dengan mudah cukup menggunakan belimbing wuluh. Dan yang anda manfaatkan bukan buahnya tapi daunnya. Cukup dengan mengambil daun belimbing wuluh satu genggam saja yang masih muda, dengan di tambahkan 10 biji cengkeh, 15 biji lada. Lalu giling lah semua bahan tersebut dan tambahkan cuka secukupnya. Kemudian lumurkan pada yang sakit.

6.Mengobati panu

Memang panu bukanlah penyakit yang mematikan, tetapi panu dapat mengurangi rasa percaya diri kita pada saat bersama orang lain. Anda dapat mengobatinya dengan cara memanfaatkan belimbing wuluh. Cukup giling belimbing wuluh tersebut secukupnya dan tambahkan kapur sirih sebesar bisi asam jawa, aduk sampai rata, kemudian gosokkan pada kulit yang terkena panu secara perlahan.

7.Mengobati rematik

Masalah rematik dapat anda atasi dengan memanfaatkan belimbing wuluh. Obat tradisional ini sangat efektif untuk mengatasi masalah rematik. Untuk yang pertama ambil 100gram daun belimbing wuluh yang muda, lalu tambahkan 10 biji cengkeh, dan 15 biji merica. Kemudian giling semua bahan tersebut sampai halus, dan tambahkan cuka secukupnya. Setelah itu oleskan ramuan tersebut pada bagian pinggang yang terasa sakit.

8.Mengatasi diabetes

Diabetes dapat menimbulkan berbagai macam penyakit bahkan hingga penyakit jantung. Anda dapat menyembuhkan diabetes secara perlahan dengan memanfaatkan belimbing wuluh. Pertama ambil 6 buah belimbing wuluh yang sudah dilumatkan dan direbus dengan segelas air. Dan kemudian saring dan ambil air rebusannya. Setelah itu zat asam tersebut dapat menghilangkan serta menekan diabetes pada tubuh anda.

9.Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Hal ini dikarenakan tekanan darah yang terus meningkat secara drastis dan mengakibatkan kinerja organ pada tubuh seperti jantung menjadi terganggu. Cukup siapkan 10 belimbing wuluh, dan tambahkan 1 jari rimbang kunyit, seperempat genggam daun meniran, setelah itu masukan 3 jari labu air, dan 3 jari gula enau. Kemudian cuci belimbing wuluh dan potong secukupnya. Lalu rebuslah dengan 3 gelas air bersih. Setelah itu saring airnya dan minum sebanyak 3 kali dalam sehari yang masing-masing 3/4 gelas.

Sumber: SumberPenyakit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *