Manfaat Bunga Pagoda Untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Pagoda Untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Pagoda Untuk Kesehatan,- Bunga pagoda ini dapat dikatakan sebagai tanaman hias karena mempunyai bunga yang sangat bagus dan banyak orang-orang yang menaruh bunga pagoda ini di depan rumah sebagai penghias taman. Tanaman bunga pagoda ini mempunyai nama latin atau ilmiah Ceodendrum japonicum (Thunb) sweet. Dan untuk di setiap daerah mempunyai nama yang berbeda-beda yang diantaranya tumbak raja (Bali) – tinjau handak (Lampung) – srigunggu (Jawa) – singgugu (Sunda) dan punggur tosek (Madura).

Manfaat Bunga Pagoda Untuk Kesehatan

Selain mempunyai bunga yang bagus dan cantik bunga pagoda ini juga mempunyai manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh. Dan biasanya media yang sering digunakan untuk mengobati beberapa macam penyakit adalah bagian akar, bunga dan daun. Pada bunga pagoda biasanya berwarna merah tapi ada pula yang berwarna putih. Tanaman bunga pagoda ini memiliki tinggi pohon sekitar 1-3 meter dan mempunyai batang yang ditumbuhi dengan rambut-rambut halus.

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis Yang Terdapat Pada Bunga Pagoda Ini Adalah :

Pada bagian akar bunga pagoda mempunyai rasa yang pahit dan dingin. Tetapi pada bagian daunnya mempunyai rasa manis – asam agak kelat dan juga bersifat netral. Sementara itu pada bagian bunganya mempunyai rasa yang manis dan bersifat hangat. Bahan kimia yang terkandung di dalam bahan kimia pada tumbuhan bunga pagoda belum banyak diketahui oleh semua orang. Namun lebih dari satu dampak farmakologis yang sudah diketahi adalah Anti radang, menghilangkan bengkak, peluruh kencing, dan menghisap tanah.

Manfaat Bunga Pagoda Untuk Kesehatan

* Dalam mengatasi bisul

Bisul merupakan suatu gangguan kesehatan yang paling sering terjadi pada masyarakat. Bisul ini dapat terjadi seperti adanya pembengkakan di beberapa bagian tubuh sehingga akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan bisa juga menyebabkan rasa sakit.

Cara untuk mengobati bisul dengan menggunakan bunga pagoda sangat mudah. Hanya memerlukan bagian dari daun dan juga batangnya setelah itu ditumbuk kemudian menempelkannya dibagian bisul yang bengkak, ramuan ini secara efektif bisa meringankan pembengkakan pada bisul.

* Sebagai obat untuk pendarahan wasir

Pendarahan pada wasair merupakan suatu keadaan yang paling mengkhawatirkan bagi penderitanya. Tetapi pada penyakit ini dapat ditangani dengan mudah dan sangat sederhana dengan memanfaatkan bunga pagoda. Bunga pagoda juga dapat digunakan sebagai bahan makanan misalnya sayuran tumis atau bisa juga dikombinasikan dengan sayuran lainnya atau daging untuk dijadikan sebagai lauk. Apabila dikonsumsi secara teratur maka pendarahan pada wasir bisa segera pulih.

* Untuk mengobati luka

Pada bunga pagoda mempunyai efek anti inflamasi sehingga sangat cocok sekali dan tepat untuk dijadikan sebagai obat penyembuh luka secara efektif. Untuk cara pengobatannya, bunga pagoda dapat dijadikan sebagai olahan makanan untuk dikonsumsi atau bisa juga sebagai pengobatan luar pada luka.

* Mengobati susah tidur (insomnia)

Insomnia merupakan gangguan susah tidur yang hampir pada semua orang pernah mengalaminya. Apabila hal ini terjadi secara terus menerus maka akan mengakibatkan tubuh menjadi kurang bertenaga – lemas dan cepat lelah atau bisa juga pada kesehatan yang lainnya dapat terganggu.

Maka dari itu manfaat dari bunga pagoda ini bisa juga diaplikasikan sebagai obat insomnia. Caranya sangat mudah sekali cukup dengan mengumpulkan bunga pagoda kering lalu ditumbuk atau digiling sampai menjadi serbuk halus sehingga dapat diseduh dengan air hangat dan dijadikan sebagai minuman obat.

* Untuk mengobati sakit migrain atau sakit kepala sebelah

Ternayata bunga pagoda ini juga dapat mengatasi gangguan migrain cukup dengan membuat ramuan dengan 15 gram bunga pagoda. 5 gram jahe dan 70 gram daun lidah buaya yang sudah dikupas, setelah itu rebus semua bahan tersebut dengan air sekitar 500cc sampai mendidih hingga menyisakan sekitar 250cc. Kemudian saring dan minum air ramuan tersebut dengan teratur untuk memulihkan.

Postedby: SumberPenyakit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *