Manfaat Bungur Kecil Untuk Kesehatan

Manfaat Bungur Kecil Untuk Kesehatan

Manfaat Bungur Kecil Untuk Kesehatan,- Bungur kecil mempunyai bunga yang sangat indah. Biasanya pada tanaman ini diletakkan di taman rumah sebagai tanaman hias. Bungur dengan nama latinnya yaitu Lagerstroemia indica adalah suatu tanaman perdu atau tanaman pohon kecil. Tingginya sekitar 2-7 meter dengan percabangan yang melengkung dan juga warna pohonnya coklat. Dan pada daunnya tunggal – bertangkai pendek dan letaknya berseling.

Manfaat Bungur Kecil Untuk Kesehatan

Daunnya berbentuk elips atau memanjang dengan ujungnya yang tumpul – pangkal membaji – tepi rata dengan warna yang hijau tua, panjang 2-7 cm, lebar 1-4 cm. Bunganya yang cantik merupakan salah satu bunga majemuk dengan bentuk yang malai, panjang 10-50 cm, pada tepi mahkota bunga bergelombang, warnanya merah, putih, atau ungu, keluar dari ujung tangkai dan ketiak daun. Dan bungur kecil ini bisa berbuah, dengan buahnya yang berbentuk bulat panjang sekitar 9-13 mm.

Perbanyakan pada tanaman ini dilakukan dengan biji. Dan perawatannya dengan cara diberi air dan pupuk secara berkala. Tanaman ini pun dapat tumbuh dengan baik pada tempatnya dan tingginya kurang lebih 800 meter, dengan tanah yang mempunyai kelembaban sedang.

Pada bagian tanaman bungur kecil yang bisa digunakan sebagai obat adalah bagian kulit kayu – daun dan akar. Bungur kecil juga mempunyai khasiat sebagai antikoagulasi atau pengendapan darah –  nephroprotective atau penjaga kesehatan ginjal – antioksidan yang terdapat pada daun dan buahnya – anti inflamasi dari daunnya – antimikroba dan anti diare.

Manfaat Bungur Kecil Bagi Kesehatan

Pemakaian luar untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti :

* Radang payudara (mastitis) eksim : Daun bungur kecil secukupnya kemudian ditumbuk sampai halus setelah itu tempelkan di bagian yang sakit.

* Bisul (furunculus), koreng : Pada bagian akar dan bunga bungur kecil dikeringkan kemudian digiling sampai menjadi bubuk, lalu tambahkan arak putih secukupnya hingga berbentuk bubur kental dan setelah itu tempelkan di bagian yang sakit.

* Campak : Ambil 500 gram tumbuhan bungur kecil lalu direbus dengan menggunakan air yang secukupnya kemudian airnya digunakan untuk mencuci kulit yang terkena campak.

* Eksim (ekzema) : Ambil akar atau daun bungur kecil yang secukupnya. Kemudian dicuci sampai bersih dan setelah itu direbus dengan menggunakan air air rebusannya digunakan untuk mencuci pada bagian yang sakit.

Pemakaian dalam untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti :

* Sakit gigi : Ambil 15 gram akar bungur kecil lalu dimasak bersama daging ayam atau sapi hingga matang dan setelah itu dimakan.

* Sakit kepala sebelah (migrain) : Ambil 30 gram akar bungur kecil. kemudian dimasak bersama dengan 60 gram daging sapi dan setelah itu dimakan.

* Sakit kuning / hepatitis : Ambil 15 gram akar dari bungur kecil dan ditambahkan dengan 15 gram daunnya. Lalu direbus dengan 500cc air sampai tersisa 250cc kemudian disarung dan airnya diminum.

* Hepatitis : Ambil 15 gram akar dan 15 gram dari daun bungur kecil. Lalu direbus dengan 500cc air sampai tersisa 200cc kemudian airnya diminum selagi hangat.

* Batuk darah (hemoptysis) muntah darah (hematemesis) bunga air besar mengandung darah : Ambil 30 gram akar bungur kecil kemudian direbus dengan 200cc air sampai tersisa 80cc. Lalu disaring dan minum airnya setiap 2x sehari sebanyak 40cc.

* Disentri : Ambil 30 gram daun atau akar dari bungur kecil. 15 gram patikan kebo (Euphorbia hirta L) lalu direbus dengan 400cc air sampai tersisa 200cc dan setelah itu disaring dan airnya diminum.

* Campak : Ambil 60 gram tumbuhan bungur kecil dan 30 gram pegagan (centella asiatica [L] Urban). Setelah itu direbus dengan 600cc air hingga tersisa 300cc lalu dinginkan dan saring airnya untuk diminum 2x dalam sehari setiap kali minum 150cc.

* Bisul (furunculus) : Ambil 30 gram akar dari bungur kecil lalu direbus dengan 400cc air hingga tersisa 200cc. Kemudian di saring dan airnya diminum selagi hangat.

* Biduran (urtikaria) : Ambil 30 gram tumbuhan pada bungur kecil lalu direbus dengan 400cc air sampai tersisa 200cc. Kemudian dinginkan dan setelah itu saring kemudian airnya diminum.

Sumber: http://www.sumberpenyakit.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *